Cara Mudah Membuat Huruf Berbayang di Ms Word

Tutorial Microsoft office kali ini akan membahas tentang cara membuat tulisan dengan bayangan di ms word. Tulisan berbayang biasanya digunakan untuk membuat pengumuman atau mungkin banner. Pastinya tulisan model seperti ini lebih artistik dan terkesan tidak kaku. Nah, bagaimana cara membuatnya?

Cara Mudah Membuat Huruf Berbayang di Ms Word
Terkadang tulisan 2 dimensi kurang indah dan terlihat kaku, saat dipajang di tempat umum. Tulisan berbayang lebih bernyawa dan menarik perhatian banyak orang. Tulisan dengan bayangan tidak jauh berbeda dibandingkan tulisan 3D.

Efek bayangan pada tulisan akan memberikan aksen seni dan menghilangkan kesan formal. Bayang-bayang pada huruf akan membuat tulisan lebih tegas, sehingga seseorang yang melihatnya lebih terkesan.


Cara Mudah Membuat Huruf Berbayang di Ms Word


Microsoft word sangat kaya akan fitur yang dapat mempercantik huruf yang anda ketik, dan berbagai fasilitas yang memudahkan bagi pengguna. Bayangan pada tulisan merupakan salah satu kreasi yang dapat anda lakukan saat menggunakan ms word. Untuk membuatnya mudah saja, ikuti langkah-langkah secara urut seperti di bawah ini:

  • Hidupkan komputer atau laptop anda. Tentu saja, karena tidak mungkin anda dapat membuka Microsoft word tanpanya.
  • Buat dokumen baru menggunakan ms word.
  • Tuliskan kata yang akan dibuat berbayang atau memiliki bayangan. Misalnya anda ketikkan kata "Bayangan Pada Huruf".
  • Setelah anda menuliskan kata atau kalimat yang akan diberi bayangan, seleksi pada kata tersebut. Caranya, blok pada kata atau rangkaian huruf yang anda ketikkan tadi.
  • Selanjutnya, perhatikan menu bar yang terdapat di deretan atas. Klik pada tab insert, kemudian pilih word art. Lihat contoh seperti pada gambar di bawah ini:

Cara Mudah Membuat Huruf Berbayang di Ms Word

Fitur word Art menyediakan banyak sekali pilihan, ada sekitar 30 gaya tulisan atau lebih. Ada yang horizontal, vertical, miring ke atas, melengkung, dan banyak lagi. Pilih saja salah satu dari motif yang tersedia. Misalnya kita pilih wordArt style 7. Akan muncul jendela berisi pengaturan huruf, seperti font dan ukurannya. Klik Ok, jika pengaturan sudah benar.

Masih di grup wordArt tools, silahkan klik menu shadow effects dan pilih saja warna sesuai selera anda. Ada banyak sekali pilihan warna yang dapat digunakan. Jika warna pilihan anda tidak tersedia di tema (theme colors), silahkan cari di more shadow colors. Ada jutaan warna yang dapat anda pilih di situ.

Sebagai contoh, kita pilih warna biru sebagai bayangan. Anda dapat melihatnya pada gambar di bawah ini:


Bayangan Pada Huruf di Ms Word

Sampai di sini anda telah berhasil untuk membuat bayangan pada huruf menggunakan ms word. Anda dapat memperbesar ataupun mengecilkan tulisan dengan menyeret garis-garis putus yang membatasi tulisan.

Untuk mengisi warna pada huruf, silahkan klik menu format - shape fill - pilih salah satu warna. Anda dapat mengatur efek gelap atau terang dengan memilih gradient.


Cara Mudah Membuat Huruf Berbayang di Ms Word


Selamat! Kini anda berhasil untuk membuat tulisan lebih cantik dan bernyawa! Silahkan berkreasi dengan fasilitas yang disediakan di Microsoft word. Makin sering anda menggunakan fitur yang ada, akan membuat anda mahir sebagai pengguna ms word. Simak terus artikel tentang belajar ms word di blog ini. Selamat belajar! Pelajari juga: Cara Cepat Buat Tulisan Melingkar di Microsoft Word



Related Posts:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Huruf Berbayang di Ms Word"

Post a Comment