2 Cara Mengubah Dokumen Word Menjadi PDF Dengan Mudah

Selain berformat word, format dokumen paling sering digunakan untuk laporan adalah PDF. Bagi mahasiswa dan pelajar, penting untuk mempelajari cara mengubah dokumen word menjadi PDF. Bukan hanya itu, file berekstensi Pdf sering juga digunakan untuk kepentingan bisnis dan lainnya.

Mengubah Dokumen word menjadi Pdf
File Pdf kini tidak hanya dapat dibuka menggunakan komputer atau laptop saja. Fitur Pdf reader kini dapat digunakan pada smartphone dan tablet. Ini menunjukkan Pdf makin familiar bagi kita.

Di jaman sekarang ini, orang lebih suka membaca e-book di tablet mereka daripada membolak-balikkan halaman buku. Inilah salah satu keunggulan dokumen Pdf. Begitu juga dengan mahasiswa tingkat akhir. Tugas akhir biasanya mengharuskan anda untuk mampu mengubah dokumen Pdf ke word. Tujuannya adalah memudahkan editing.

Cara mengubah dokumen word ke Pdf juga penting diketahui, mengingat file dengan format pdf relatif lebih aman dari virus. Ini dapat anda rasakan ketika dokumen akan dicetak menggunakan printer umum, dimana komputernya rentan terkena virus.


2 Cara Mengubah Dokumen Word Menjadi PDF Dengan Mudah


Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengubah format dokumen word ke pdf. Tapi kali ini kita akan bahas tentang cara yang paling mudah.

1. Cara Mengubah Dokumen Word Menjadi PDF Secara Offline

Microsoft office menyediakan program pengolah data dalam satu paket tersendiri, yang disebut Microsoft word. Pengolah data ini juga menyediakan fitur konversi file doc menjadi pdf. Nah, untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama, buka lembar kerja di Microsoft word.
Klik save as atau tekan tombol ctrl+s di keyboard anda.
Pilih Pdf pada kolom save as type, kemudian klik save.
Selesai. Dokumen telah diubah dan tersimpan dalam format pdf.

Sayangnya, cara ini berlaku untuk pengguna Microsoft word 2010 ke atas. Jika anda menggunakan versi lama, fitur ini belum tersedia.

2. Cara Mengubah Dokumen Word Menjadi PDF Menggunakan  Google Drive

Dokumen word juga dapat diubah secara online menjadi pdf. Caranya dengan memanfaatkan Google Drive. Google Drive merupakan layanan penyimpanan cloud yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai ekstensi file termasuk gambar, video, maupun dokumen.

Google drive bukan hanya berguna untuk menyimpan file saja. Tapi juga dapat berguna untuk membuat dokumen, editing, download dokumen. Tahukah anda, bahwa google drive juga menyediakan fitur untuk mengubah file word ke PDF. Ikuti caranya seperti di bawah ini:

Pertama, login ke google drive dengan akun anda.

Cari file word yang tersimpan di komputer anda, upload ke Google Drive.

Setelah proses upload selesai, klik ganda file tersebut untuk membuka. Klik pada open with, lalu pilihlah Google Docs. Akan muncul tab baru berisi file beserta halaman editor Google Docs.

Selanjutnya, klik file - Download As - kemudian pilih Pdf Document (.pdf)

Terakhir, silahkan unduh dan simpan file berformat Pdf tersebut. Mudah bukan?

Nah, itulah dua cara mudah untuk mengkonversi dokumen word menjadi Pdf. Terserah anda, mau pilih cara yang mana. Untuk cara pertama, sebaiknya gunakan versi terbaru Microsoft word.

Tapi jika perangkat anda terhubung ke jaringan internet, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan Google Drive sebagai alat konversi dokumen. Semoga memudahkan tugas anda untuk mengubah file word menjadi pdf. Demikian pula bagi anda yang sedang membuat e-book. Dengan sering berlatih menggunakan ms office, anda akan mahir dan pintar. Pelajari juga: Cara Mengunci File RAR Dengan Password



Related Posts:

0 Response to "2 Cara Mengubah Dokumen Word Menjadi PDF Dengan Mudah"

Post a Comment