Tips Tulisan Di Word Tidak Hilang Saat Komputer Mati

Sepuluh jari tangan tak henti menulis kata per kata yang akan dituangkan dalam bentuk tulisan. Setelah terangkai ratusan kalimat dan beberapa alinea, tiba-tiba saja listrik untuk menghidupkan komputer padam! Benar-benar situasi yang sangat tidak anda inginkan, bukan? Tulisan yang dibuat menggunakan Microsoft word akan hilang begitu saja, bersamaan padamnya listrik.

Tips Tulisan Di Word Tidak Hilang Saat Komputer Mati
Semua pengguna Microsoft word tentunya pernah kehilangan dokumen penting yang hampir selesai ditulis. Entah itu tulisan yang akan dijadikan sebagai makalah, artikel, atau lainnya. Kejadian seperti ini sering dialami oleh pengguna, pelajar, atau mahasiswa baru. Dapat dirasakan betapa kecewa dan stres, akbat hilangnya tulisan atau dokumen yang hampir siap.

Sebagai antisipasi terhadap musibah seperti kejadian di atas, Microsoft word sudah menyelipkan fitur untuk menyimpan dokumen secara otomatis, yang disebut sistem auto save. Fitur ini sangat berguna untuk mencegah hilangnya tulisan yang diketik pada dokumen baru.


Tips Tulisan Di Word Tidak Hilang Saat Komputer Mati


Fitur Auto save memungkinkan bagi pengguna Microsoft word untuk menyimpan tulisan dalam periode waktu tertentu. Dengan fitur ini, anda tidak akan stres gara-gara kehilangan dokumen yang hampir selesai dibuat. Tanpa adanya fitur ini, mungkin setiap pengguna ms word akan selalu melihat jadwal pemadaman listrik sebelum membuat dokumen baru.

Dengan adanya fitur auto save, tulisan yang diketik tidak akan hilang secara keseluruhan saat listrik padam dengan tiba-tiba. Meskipun fitur ini sudah aktif pada Microsoft word di komputer anda, tapi pengaturan default disetting setiap 10 menit sekali. Jadi, dokumen anda akan disimpan oleh ms word setiap periode sepuluh menit.

Dokumen akan aman setelah anda mengetik selama 11 menit, tapi bagaimana dengan tulisan yang baru dibuat selama 9 menit? Tentu saja tulisan tersebut belum disimpan secara otomatis, atau lenyap tanpa bekas!

Sebagai solusi dari permasalahan tulisan hilang akibat daya komputer terputus, anda harus mengatur auto save. Dengan menyetel waktu pada auto save hingga sesingkat mungkin, akan meminimalisir kehilangan banyak kata yang sudah diketik.

Untuk setting auto save tidaklah sulit. Anda hanya perlu melakukan pengaturan sekali saja pada fitur ini. Jadi, setelah restart Microsoft word tidak perlu melakukan setting lagi.


Cara Mengatur Waktu Pada Auto Save di Microsoft Word


Untuk mengaktifkan fitur auto save sehingga mampu menyimpan dokumen pada durasi tertentu, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama kali, tentu saja buka Microsoft word. Terserah anda untuk menggunakan versi berapa saja, sebaiknya versi terbaru. Saya sendiri masih menggunakan Microsoft Office 2007.
  • Klik pada logo office (office button) yang terletak di pojok kiri sebelah atas, kemudian klik word options. Bagi anda yang menggunakan ms office 2013, klik menu file kemudian options.
  • Pada word options, pilih kolom save kemudian beri centang pada "save autorecover every". Silahkan ganti angka 10 dengan angka yang lebih kecil. Pilihan angka yang tersedia antara 1-120 menit. Angka tersebut menunjukkan periode waktu bagi auto save untuk menyimpan dokumen anda secara otomatis.

Makin kecil angka yang anda pilih, makin cepat auto save berjalan. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi komputer anda. Kadang pengguna merasa terganggu dengan periode save yang terlalu cepat.

Nah, itulah cara mudah untuk mencegah tulisan hilang saat mengetik menggunakan Microsoft word. Tips ini tidak hanya berlaku untuk komputer saja, tapi juga dapat diterapkan pada laptop. Mungkin saja dokumen hilang akibat laptop mengalami hang. Semoga tutorial ini berguna bagi anda. Mungkin berguna untuk anda: Cara Membuat Autocorrect di Ms Word Untuk Bahasa Indonesia



Related Posts:

0 Response to "Tips Tulisan Di Word Tidak Hilang Saat Komputer Mati"

Post a Comment