Cara Membuat Huruf Timbul Menggunakan Microsoft Word

Berbagai kreasi tulisan dapat dibuat menggunakan Microsoft word, salah satunya adalah huruf timbul. Efek emboss dapat menimbulkan kesan artistik dan nyata. Saat seseorang membaca sebuah kata yang ditulis dengan gaya emboss, tentunya lebih tertarik dan fokus.

Cara Membuat Huruf Timbul Menggunakan Microsoft Word
Efek timbul pada sebuah tulisan mungkin dapat kamu gunakan untuk sebagai cover makalah atau lainnya. Pastinya dengan gaya tulisan ini akan meningkatkan daya tarik tersendiri bagi pembaca.

Banyak cara membuat huruf timbul, salah satunya dengan menggunakan photoshop. Tapi akan butuh waktu lebih lama, jika anda menggunakan cara tersebut. Selain itu, saya rasa metode tersebut kurang praktis.

Kamu juga dapat membuat tulisan timbul menggunakan software tertentu. Tapi kali ini kita akan bahas bagaimana cara mudah dalam membuat huruf emboss menggunakan ms word, karena artikel ini ditujukan bagi kamu yang ingin belajar mahir dalam menggunakan Microsoft Office.


Cara Membuat Huruf Timbul Menggunakan Microsoft Word


Tulisan kamu akan lebih bernyawa dengan memberikan efek timbul. Berbeda dengan tulisan datar yang kurang berkesan. Kamu tidak harus menjadi seorang editor photoshop, untuk sekedar membikin tulisan bergaya emboss. Berikut ini adalah cara mudah untuk memodifikasi huruf dengan efek timbul menggunakan ms word:

Pertama kali, silahkan buat dokumen baru di Microsoft word. Terserah kamu mau menggunakan ms word versi berapa saja, sebaiknya versi terbaru. Untuk kamu yang memakai versi lama, silahkan melakukan update.

Pilih menu insert – WordArt – pilih jenis huruf - tulis kata yang akan dibuat gaya emboss, misalkan "Huruf Timbul".
Kamu juga dapat berkreasi dengan fitur yang disediakan di microsoft word.
Klik kanan pada tulisan tadi, pilih menu format wordArt. Akan muncul tab baru beberapa opsi seperti:


Tutorial membuat huruf timbul di microsoft word

Colors and lines, untuk mengatur kecerahan warna dan garis.
Size, untuk mengatur ukuran huruf.
Fill effects untuk mengatur warna yang akan diterapkan pada huruf.
Di sana ada beberapa opsi untuk mengatur gradient, texture, pola, atau gambar.
Kamu juga bisa mengatur gaya bayangan, seperti horozontal, vertikal, diagonal, dan lainnya.

Efek-efek lainnya dapat ditambahkan melalui menu Format - Shape Effects – tambahkan efek yang kamu mau. (Untuk Microsoft word 2013).

Silahkan melakukan eksperimen sendiri, sehingga tulisan timbul lebih artistik dan sesuai selera kamu.

Mungkin itu saja tutorial singkat mengenai kreasi huruf timbul menggunakan Microsoft word. Mungkin pada tiap versi Microsoft word, beberapa fitur letaknya tidak sama. Pastinya, caranya mudah dan tidak bikin kamu bingung. Di menu format ini banyak kreasi dapat kamu lakukan, seperti efek bayangan (shadow), 3D, efek cermin, dan lainnya. Semoga bermanfaat bagi kamu yang sedang belajar Microsoft office. Perlu dipelajari: Cara Mudah Membuat Huruf Berbayang di Ms Word



Related Posts:

0 Response to "Cara Membuat Huruf Timbul Menggunakan Microsoft Word"

Post a Comment