Cara Menghilangkan Garis Merah Hijau di Bawah Teks Word

Bagi pengguna Microsoft word pastinya tidak asing lagi dengan garis merah atau hijau di bawah tulisan yang sudah diketik. Sebenarnya garis berwarna tersebut tidak memengaruhi tulisan anda, tetap saja jari anda dapat meneruskan pengetikan pada lembar kerja.

Namun, bagi sebagian orang garis merah dan hijau dianggap kurang enak dilihat. Seseorang akan jauh merasa nyaman, ketika menulis pada lembar kerja tanpa garis-garis bergelombang di bawah tulisannya. Nah, bagaimana cara menghilangkan garis bergelombang tersebut?


Word Option
Sebenarnya setiap fitur yang disediakan Microsoft word memiliki fungsi tersendiri. Begitu juga dengan garis merah dan hijau di bawah tulisan. Lantas, apa sebenarnya fungsi garis berwarna merah dan hijau?

Apa fungsi garis merah atau hijau di bawah tulisan ms word

Microsoft word sebagai pengelola kata menyediakan fitur berupa garis merah, hal ini disengaja terpasang di program pengelola kata yang anda gunakan. Developer telah memperhitungkan sebelumnya.

Seperti anda tahu, bahwa pengaturan Microsoft word secara default menggunakan tata bahasa Inggris. Begitu juga pengejaan dan kosakata yang digunakan. Spelling dan grammar disetel mengacu pada kosakata bahasa Inggris.

Apa maksud garis merah yang muncul secara otomatis saat kita mengetik sebuah kalimat? Garis merah muncul disebabkan ejaan yang tidak sesuai dengan spelling yang seharusnya. Sedangkan garis hijau akan muncul secara otomatis, disebabkan susunan kata yang anda ketikkan tidak benar menurut aturan bahasa Inggris.

Jadi, pada intinya dua jenis garis berwarna ini merupakan garis bantu dalam pengetikan, supaya tulisan anda sesuai dengan pengejaan dan susunan kata dalam bahasa Inggris.

Sayangnya, pada umumnya kita mengetik tidak menggunakan kata atau kalimat dalam bahasa Inggris. Sehingga penggunaan garis merah dan hijau tidaklah efektif. Jadi, wajar saja para pengguna tidak ingin garis tersebut selalu muncul seiring kalimat yang sudah diketik.


Cara Menghilangkan Garis Merah Hijau di Bawah Teks Word


Nah, bagi anda yang tidak ingin melihat lagi garis merah dan hijau saat mengetik di ms word, kali ini kita akan bagikan cara yang mudah dan 100% bekerja. Berikut ini cara menghilangkan garis merah dan hijau di bawah tulisan:

  • Buka program pengelola kata, Microsoft word. Mungkin anda menggunakan Microsoft word 2007, 2010, atau 2013.
  • Silahkan, jika anda ingin membuat lembar kerja baru (sebagai contoh saja).
  • Klik pada logo office button (terletak di pojok kiri paling atas).
  • Klik pada word option, kemudian klik pada proofing.

Garis Merah Hijau

  • Perhatikan pengaturan pada menu "When Correcting spelling and grammar in Word".
  • Untuk menghilangkan garis merah (koreksi ejaan), hilangkan tanda centang pada "Check spelling as you type".
  • Untuk menghilangkan garis hijau (koreksi tata bahasa /grammar), hilangkan tanda centang pada "Mark grammar errors as you type".
  • Anda juga dapat menghilangkan centang pada "Use contextual spelling" dan "check grammar with spelling".
  • Terakhir, klik Ok untuk menyelesaikan perintah.

Spelling dan Grammar

Tulisan tanpa garis merah hijau


Nah, kini anda dapat mengetik tulisan tanpa muncul garis merah dan hijau lagi. Semoga tutorial singkat mengenai cara menghilangkan garis merah dan hijau di bawah teks pada Microsoft Word ini mudah dipraktekkan. Selamat belajar Microsoft word. Simak juga: Cara Mencari Kata Dengan Cepat di Ms Word



Related Posts:

0 Response to "Cara Menghilangkan Garis Merah Hijau di Bawah Teks Word"

Post a Comment