Cara Menghitung Jumlah Kata di Ms Word 2003-2013

Bagi kebanyakan pekerja kantor, cara menghitung jumlah kata di Microsoft word bukanlah sesuatu yang penting untuk diketahui. Namun, bagi sebagian orang termasuk mahasiswa dan pelajar hal ini bisa menjadi teramat penting. Sebuah karya tulis maupun tugas kuliah lainnya tidak bisa lepas dari persoalan jumlah kata per halaman.

Bagaimana mengetahui jumlah kata
Begitu juga dengan pelajar saat mengikuti lomba menulis, dimana panitia mensyaratkan minimal kata yang harus dipenuhi pada sebuah karya tulis tersebut. Nah, jika anda menghitung kata yang ada dalam sebuah dokumen secara manual, pastinya akan melelahkan dan membosankan.

Berapa lama waktu yang akan anda habiskan untuk menghitung kata, tanpa fitur penghitung kata (Word count)? Kabar baiknya, Microsoft word sebagai program pengolah kata menyediakan fitur ini, sehingga anda dengan mudah mengetahui berapa kata yang telah diketik pada sebuah lembar kerja.

Developer program pengolah kata telah menambahkan fitur word count, sebuah fitur yang sangat menguntungkan bagi kita yang ingin mengetahui total kata yang telah diketik pada sebuah halaman.

Fitur word count mampu menghitung jumlah kata, jumlah huruf dengan maupun tanpa spasi pada dokumen. Nah, untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini:

Cara menghitung jumlah kata di word 2003

  • Blok pada tulisan yang berisi kata yang akan dihitung jumlahnya.
  • Cari menu tools di bagian atas, kemudian pilih word count.
  • Kotak berisi informasi akan muncul, berisi informasi halaman, jumlah kata, karakter tanpa spasi, karakter dengan spasi, paragraf, dan jumlah baris.

microsoft 2003

Untuk mengetahui jumlah catatan kaki, beri centang pada "include footnotes and endnotes"

Cara menghitung jumlah kata di word 2007

  • Pertama, tulisan yang akan dihitung harus diblok.
  • Selanjutnya, pilih "Review", kemudian pilih "word count"
  • Anda dapat melihat kotak yang berisi informasi tentang jumlah halaman, kata, total karakter tanpa ataupun dengan spasi, paragraf, dan jumlah garis.

keyword2

Untuk mengetahui textboxes dan footnotes, silahkan centang pada kotak kecil yang berada di bawah.


Cara menghitung jumlah kata di ms word 2010


  • Blok sebagian kata yang ingin dihitung jumlahnya. Untuk menghitung semua kata, tidak harus diblok.
  • Klik kanan pada status bar yang berada di paling bawah dari layar Microsoft word.

Jumlah kata di word 2010

Pada contoh seperti di gambar, 56/503 maksudnya adalah jumlah kata yang diblok adalah 56 dari jumlah keseluruhan sebanyak 503 kata.

Nah, itulah cara mudah untuk mengetahui jumlah kata pada dokumen word. Untuk Microsoft 2013 saya rasa tidak jauh beda dari ms word 2010. Semoga membantu anda terutama pelajar dan mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas kuliah ataupun karya tulis ilmiah. Tutorial sederhana di atas kiranya sangat mudah dipahami dan dipraktekkan. Selamat belajar Microsoft office. Simak juga: Cara Mencari Kata Dengan Cepat di Ms Word



Related Posts:

0 Response to "Cara Menghitung Jumlah Kata di Ms Word 2003-2013"

Post a Comment