Cara Menghapus Halaman Word Kosong Yang Sangat Sulit Dihapus

Microsoft Word menjadi pengolah kata favorit bagi hampir semua penulis. Ya, harus diakui memang hingga kini, ms word merupakan software terbaik dari ms office. Pengguna banyak terbantu untuk membuat makalah, laporan, atau dokumen lainnya.

Namun, tengah membuat sebuah dokumen, terkadang ditemukan halaman kosong yang tidak bisa dihapus ! Berbagai cara sudah dilakukan, dengan delete ataupun menekan tombol backspace tetap saja tidak hilang halaman kosong tersebut.

Halaman kosong yang sulit dihapus pada dokumen word ini pastinya membuat anda jengkel dan bingung. Letaknya di tengah dokumen, bagian akhir, ataupun di bawah tabel. Kekosongan ini bisa terjadi satu halaman penuh.

Masalahnya ketika kita akan mencetak / print dokumen tersebut, pastinya tidak akan terlihat bagus dan rapi.

Apa penyebab halaman kosong pada dokumen di microsoft word?

Penyebabnya tak lain adalah page break, paragraf kosong, maupun section break. Sebenarnya, bagian yang tampak kosong ini berisi simbol – simbol tertentu yang tersembunyi dan tidak tampil sebagai karakter pada dokumen.


Cara Menghapus Halaman Word Kosong Yang Sangat Sulit Dihapus

Bagi anda pengguna Microsoft Word 2007, mungkin menyangka bahwa masalah ini tidak terjadi pada versi ms word 2010 dan 2013. Nyatanya, masalah halaman blank terjadi juga pada versi terbaru.

Nah, untuk mengatasi masalah ini, coba trik sederhana di bawah ini:

Pertama, kita harus menampilkan karakter tersembunyi pada dokumen. Caranya, aktifkan "Hidden formatting symbols" dengan menekan tombol CTRL + SHIFT + * pada keyboard. Atau klik icon show/hide pada tab Home (lihat gambar!).


Hapus halaman kosong pada microsoft word

Jika sebelumnya tidak nampak paragraf, simbol – simbol, dan page break, maka sekarang terlihat karakter tersebut. Hapus semua simbol tersebut, dengan menekan delete atau backspace.


Hapus halaman kosong pada microsoft word

Selanjutnya, matikan "Hidden formatting symbols" dengan klik ikon "Show/Hide".

Selesai. Halaman kosong yang tidak mau dihapus telah hilang.

Cara kedua

Mungkin halaman kosong masih ada, dan tidak terhapus dengan cara di atas. Jika itu yang terjadi, cobalah trik berikut ini:

Seperti pada cara pertama, aktifkan "show/hide symbol".

Klik kanan pada karakter yang muncul, kemudian pilih paragraph.

Perhatikan "spacing", atur atau ubah "before" menjadi "0". Atur "after" menjadi "0". Atur "line pacing" menjadi "single". Sedangkan "at" biarkan kosong.


Hapus halaman kosong pada microsoft word

Langkah terakhir, atur ukuran font menjadi "1".

Hapus halaman kosong pada microsoft word

Selesai.

Cara ketiga

Jika kedua cara telah dicoba, ternyata halaman kosong pada dokumen word masih bandel, mungkin ada karakter tersembunyi yang terselip, ketika dukumen dibuat dan table terdapat tulisan. Nah, tulisan tersebut belum selesai saat tersimpan.

Pertama, "Hidden formatting symbols" harus diaktifkan dengan klik pada icon kecil tersebut.

Selanjutnya, blok pada simbol – simbol unik di bawah tabel.

Hapus halaman kosong pada microsoft word

Pada bagian "effect", silahkan centang "hidden"

Pelajari juga: Cara Menghilangkan Garis Merah Hijau di Bawah Teks Word !

Nah, itulah cara ampuh untuk menghapus halaman kosong yang sulit dihapus. Jika langkah – langkah di atas diterapkan dengan benar, seharusnya halaman kosong sudah hilang. Hasil print dokumen pun terlihat rapi dan bagus.



Related Posts:

0 Response to "Cara Menghapus Halaman Word Kosong Yang Sangat Sulit Dihapus"

Post a Comment