Cara Hapus Autocorrect dan Membuatnya Non aktif di Ms Word

Autocorrect merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Microsoft word untuk mencegah kesalahan kata yang diketik oleh pengguna secara tidak sengaja. Fitur ini sangat membantu kita saat menulis artikel atau proposal menggunakan ms word. Dengan adanya fasilitas ini meminimalisir tulisan yang salah ketik.

Cara Hapus Autocorrect dan Membuatnya Non aktif di Ms Word
Misalkan anda mengetik kata "always" padahal maksudnya "always", maka ms word langsung mengoreksi dan mengubah kata tersebut menjadi always secara otomatis. Silahkan anda coba sendiri. Artikel ini merupakan kelanjutan dari ulasan sebelumnya: Cara Membuat Autocorrect Pada Microsoft Word.

Sayangnya, tidak semua orang merasa diuntungkan oleh adanya fitur bermanfaat ini. Sebagian pengguna justru mengeluh dan merasa terganggu, karena merasa tulisannya sudah benar tapi diubah menjadi kata yang salah. Hal ini sebenarnya disebabkan oleh bahasa yang kita gunakan saat membuat tulisan di Microsoft word, bukanlah bahasa internasional.

Sebagai contoh, silahkan ketik kata "hampir" di ms word, kemudian tekan tombol enter atau spasi. Lihat perubahan yang terjadi pada tulisan anda! Contoh lain, silahkan ketik kata "alasan". Tentunya anda melihat pengubahan secara otomatis tersebut, bukan?


Cara Hapus Autocorrect dan Membuatnya Non aktif di Ms Word


Kata dalam bahasa Indonesia yang sudah tertulis dengan benar, terkadang menjadi salah akibat autocorrect pada Microsoft word. Karena perbedaan bahasa yang digunakan. Masalah inilah yang sering membuat pengguna merasa terganggu. Bagaimana tidak, kalimat dalam bahasa Indonesia akan menjadi rancu disebabkan satu atau beberapa kata yang artinya sangat berbeda jauh dari arti yang dimaksud oleh penulis.

Nah, tutorial Microsoft word kali ini akan berbagi cara untuk mematikan fitur autocorrect di ms word. Meskipun fitur autocorrect memiliki banyak kegunaan, termasuk supaya proses mengetik lebih cepat. Bagi anda yang mencari cara untuk mematikan autocorrect sehingga tidak mengganggu proses pengetikan, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Pertama, klik pada logo ms word yang terletak di pojok kiri paling atas. Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya:


Cara hapus Autocorrect di ms word

Selanjutnya, silahkan klik pada menu "word options"
Klik pada proofing yang terletak di baris ketiga, atau di bawah menu display. Di menu inilah anda dapat mengatur setelan autocorrect pada Microsoft word.
Kemudian klik menu  "Autocorrect options", dimana terdapat beberapa tab yang dapat dibuka. Pilih tab autocorrect .
Di sinilah kita dapat menghapus beberapa kata yang sering muncul sebagai pengoreksi kata yang kita tulis dalam bahasa Indonesia. Seperti yang telah dibahas di atas.
Silahkan pilih beberapa kata yang tidak ingin digunakan sebagai koreksi kata yang anda ketik.
Klik pada kata yang dimaksud, kemudian delete. Lakukan konformasi dengan klik Ok.


Supaya fitur autocorrect tidak aktif


Untuk membuat fitur autocorrect menjadi non aktif, hilangkan centang pada "replace text as you type" yang terdapat pada tab Autocorrect. Selanjutnya, klik Ok.


Cara Nonaktifkan AutoCorrect di Ms Word

Sampai di sini anda telah berhasil untuk mematikan fitur koreksi kata pada Microsoft word. Anda dapat membuatnya aktif kembali, jika anda ingin.

Nah, itulah cara mudah untuk menghilangkan autocorrect pada Microsoft word. Kini anda tidak terganggu dengan berubahnya kata yang diketik. Terserah pada anda, apakah ingin menghapus kata-kata yang sering menggantikan kata yang diketik atau mematikan fitur koreksi kata ini. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang belajar mahir dalam menggunakan Microsoft word. Bagikan artikel ini, jika menurut anda layak untuk dipelajari oleh semua orang. Pelajari juga: Cara Membuat Cover Makalah Yang Bagus Dengan Ms Word



Related Posts:

0 Response to "Cara Hapus Autocorrect dan Membuatnya Non aktif di Ms Word"

Post a Comment